Cara Melakukan Senam Lantai Forward Roll dan Backward Roll

Cara Melakukan Senam Lantai Forward Roll dan Backward Roll

Cara Melakukan Senam Lantai Forward Roll dan Backward RollSenam lantai termasuk salah satu olahraga yang berguna untuk membentuk tubuh dan mengencangkan otot. Sesuai namanya, senam ini dilakukan di lantai dengan beralaskan matras. Senam lantai juga menjadi salah satu materi dalam mata pelajaran olahraga di sekolah-sekolah di Indoensia. Selain matras tersebut, tidak ada lagi tambahan peralatan lain yang dibutuhkan, sehingga olahraga ini termasuk murah meriah. Gerakan dalam senam lantai akan merupakan gabungan dari serangkaian gerakan dengan gabungan kekuatan, fleksibilitas, pegangan, loncatan, pegangan serta aneka manuver lainnya. Seluruh gerakan dilakukan dengan harmoni serta ritme yang sesuai.  Senam lantai biasanya akan dimulai dan diakhiri dengan gerakan forward roll atau guling depan dan backward roll atau guling belakang.

 

Forward roll dilakukan dengan cara berguling ke depan. Mulailah dengan berdiri tegak dan kedua tangan lurus pada samping badan. Angkat kedua tangan ke depan dan bungkukkan badan. Letakkan kedua telapak tangan pada bagian atas matras. Siku diletakkan di samping dan masukkan tangan di antara kedua tangan. Sentuhkan bahu pada matras dan bergulinglah ke depan. Jika sudah selesai, lipat kedua lutut lalu tarik dagu dan lutut ke dada, posisi tangan tetap merangkul lutut. Sikap akhir dari forward roll adalah jongkok kemudian kembali berdiri tegak. Forward roll sekaligus menjadi gerakan yang paling mudah dan umum dalam senam lantai.

 

Kedua ada gerakan backward roll atau guling ke belakang. Gerakan ini adalah kebalikan dari forward roll. Posisi awal dari backward roll adalah posisi jongkok dan kedua kaki merapat serta tumit diangkat. Tundukkan kepala lalu rapatkan dagu ke dada. Posisikan dua tangan di samping telinga dan telapak tangan menghadap ke arah atas. Jatuhkan panggul ke belakang dengan posisi badan yang tetap bulat. Saat punggung telah menyentuh matras, lutut segera ditarik menuju bagian belakang kepala. Setelah ujung kaki menyentuh matras, tekan matras dengan kedua telapak tangan sampai tangan lurus serta kepala terangkat. Setelah selesai, ambil lagi sikap jongkok dan lurus ke depan sejajar dengan bahu, kemudian kembali berdiri.

 

Dalam melakukan backward roll, seringkali akan terdapat kesalahan-kesalahan seperti berikut ini. Pertama, tangan ditempatkan terlampau jauh di belakang sehingga tidak dapat melakukan tolakan. Kemudian, sikap tubuh yang kurang membulat akan membuat tubuh tidak seimbang saat sedang berguling ke arah belakang. Tangan yang kurang membulat saat menumpu membuat keseimbangan kurang terjaga baik pula. Kepala tidak boleh menoleh ke samping agar posisi menggulingnya bisa sempurna. Seringkali saat melakukan gerakan backward roll, lututlah yang mendarat terlebih dahulu dan bukannya telapak tangan. Keseimbangan akan tidak terjaga. Agar gerakan backward roll bisa sempurna, kita bisa meminta bantuan pada orang lain atau dilakukan secara tim oleh dua orang.