Panduan Gerakan Senam Lantai

Panduan Gerakan Senam Lantai

Panduan Gerakan Senam LantaiSenam lantai termasuk olahraga murah meriah. Untuk melakukannya, kita hanya memerlukan matras sebagai alas olahraga. Manfaat senam lantai di ataranya adalah membantu membentuk tubuh serta mengencangkan otot. Ada beberapa macam gerakan senam lantai yang bisa kita praktekkan. Pertama ada lompat kangkang. Gerakan ini dilakukan dengan cara melompat di mana posisi panggul ditekuk menyudut dan tanpa meluruskan badan terlebih dulu. Untuk bisa melakukan lompat kangkang, lakukan awalan dan angkat panggul setinggi-tingginya. Tekuk panggul dengan gerakan ke samping ketika tangan menyentuh kuda lompat. Tolak sekuat mungkin dan angkat dada serta kepala ke atas. Luruskan badan lalu rapatkan tungkai sebelum melakukan pendaratan. Daratkan kedua kaki dengan rapat dan lutut sedikit ditekuk.

 

Gerakan lainnya ialah kayang. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan gerakan ini. Kaki bertumpu di empat titik dengan keadaan terbalik serta meregang dan mengangkat bagian panggul serta perut. Yang terpenting dari gerakan ini ialah menempatkan kaki lebih tinggi yang akan menambah tekanan di bahu serta pinggang. Gerakan ini akan meningkatkan kelenturan bahu. Mulailah gerakan dengan berdiri dan kedua tangan menumpu di pinggul. Tekuk kedua kaki serta siku tangan, kepala diarahkan ke belakang. Putar kedua tangan ke arah belakang sampai menyentuh matras yang menjadi tumpuan. Posisikan badan agar melengkung seperti busur.

 

Gerakan lain dalam senam lantai yang kerap dilakukan ialah meroda. Gerakan ini cukup sulit dan kompleks. Meroda ialah gerakan memutar tubuh yang dimulai dari sikap menyamping serta tumpuan gerakannya ada pada kedua kaki serta tangan. Latihan meroda dilakukan secara tingkatan. Kita dapat meningkatkan gerakan secara bertahap dimulai dari melakukannya sebanyak satu kali hingga beberapa kali apabila sudah mahir. Gerakan meroda diawali dari berdiri tegak menyamping dan kedua kaki dibuka hingga sedikit lebih lebar. Kedua tangan ditempatkan lurus ke atas serta serong ke samping seperti huruf V, sementara pandangan lurus ke depan. Jatuhkan badan lalu letakkan telapak tangan di samping kiri, sementara kaki kanan terangkat lurus ke arah atas. Gerakan ini disusul peletakkan telapak tangan pada samping tangan kiri.

 

Ketika kaki kanan diayunkan ke atas, kaki kiri ditolak di lantai dan kedua kaki terbuka serta serong ke samping. Letakkan kaki kanan pada samping tangan kanan, tangan kiri terangkat dan letakkan kaki kiri pada samping kaki kanan. Badan terangkat, kemudian kedua lengan kembali lurus ke atas seperti posisi semula. Gerakan meroda ini memang cukup sulit. Untuk bisa melakukannya secara sempurna, kita bisa membentuk tim berisi dua orang yang dapat saling membantu. Demikian adalah panduan untuk melakukan beberapa gerakan dalam senam lantai, mulai dari yang cukup mudah hingga yang terbilang lumayan sulit.